Berita FotoBerita TerkiniInovasiPengumuman

KELAS IBU HAMIL “WUJUDKAN IBU HAMIL SEHAT”

Selamat pagi Bunda #NawakTahes dan #NawakNgalam! Tahukah bunda? Proses kehamilan bisa jadi momen yang membingungkan bagi sebagian perempuan, apalagi bagi yang baru pertama kali hamil.

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Tujuan kelas ibu hamil adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.

Puskesmas Mojolangu salah satu puskesmas yang berada di kecamatan Lowokwaru yang mempunyai 4 wilayah kerja yaitu (Kelurahan Mojolangu, Tasikmadu, Tungjungsekar, dan Tunggulwulung). Pada setiap pertemuan, ibu hamil akan mendapatkan materi seputar kehamilan yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamil. Kemudian, di akhir pertemuan akan dilakukan senam hamil. Senam ibu hamil merupakan kegiatan ekstra yang dilakukan fasilitator/ petugas kesehatan untuk mengajari para ibu agar dapat mempraktikkannya secara mandiri di rumah.  

Penyampaian Materi

Adapun keuntungan kelas ibu hamil adalah materi diberikan secara menyeluruh dan terencana, penyampaian materi lebih komprehensif karena ada persiapan petugas sebelum penyajian materi, terkadang mendatangkan tenaga ahli untuk memberikan penjelasan mengenai topik tertentu (misalnya petugas gizi, promkes dan HIV dll), waktu pembahasan materi menjadi efektif karena pola penyajian materi terstruktur dengan baik, ada interaksi antar petugas kesehatan dengan ibu hamil pada saat pembahasan materi dilaksanakan. Dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan, dilakukan evaluasi terhadap petugas kesehatan dan ibu hamil dalam memberikan penyajian materi sehingga dapat meningkatkan kualitas sistem pembelajaran (evaluasinya berupa pretest dan postest yang kami bagikan kepada ibu hamil).

Puskesmas Mojolangu menyediakan layanan “Kelas Ibu Hamil” yang di adakan disetiap kelurahan sesuai jadwal yang sudah ditentukan wilayah masing-masing.

YUK SEGERA IKUT KELAS IBU HAMIL DI PUSKESMAS MOJOLANGU.