Berita FotoBerita Terkini

PASCA POSYANDU; REFRESHING ANTROPOMETRI DAN ADMINISTRASI

Halo #NawakTahes dan #NawakNgalam. Sudah pernah berkunjung ke Posyandu belum?

Kali ini, Petugas Promosi Kesehatan (promkes) dan Petugas Gizi Puskesmas Mojolangu mengunjungi Posyandu yang ada di wilayah Puskesmas untuk melakukan kegiatan Pembinaan Pasca Posyandu. Kunjungan ini rutin dilakukan di semua Posyandu secara bergiliran. Adapun maksud dari dilakukannya pembinaan yaitu sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan kader kesehatan dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam pembinaan, Petugas Gizi mengingatkan kembali kepada para kader kesehatan tentang pentingnya pengukuran antropometri yang tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam penilaian status gizi. Selain itu, petugas gizi juga membahas terkait pentingnya melakukan pergantian (rotasi) petugas pengukuran minimal 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar semua kader kesehatan yang ada di wilayah Puskesmas Mojolangu dapat melakukan pengukuran antropometri.

Refreshing Antropometri bersama Petugas Gizi

Selain Petugas Gizi, pembinaan juga diisi oleh Petugas Promosi Kesehatan yang membahas tentang seluk beluk Administrasi Posyandu antara lain: 7 buku Sistem Informasi Posyandu (SIP), 4 buku  umum organisasi (Buku Notulen, Buku Kas, Buku Inventaris, dan Buku Tamu, serta 15 buku Pendukung (Buku Absen, Buku Penyuluhan, dsb.).  Administrasi ini sangat penting kaitannya dengan telaah kemandirian Posyandu. Posyandu yang dinilai aktif melakukan kegiatan ialah Posyandu yang memiliki strata Purnama dan Mandiri (PURI). Oleh karena itu, melalui pembinaan ini harapannya dapat meningkatkan pemahaman serta semangat kader kesehatan untuk tertib dalam administrasi sehingga strata Posyandu bisa meningkat.

Refreshing Administrasi Posyandu bersama Petugas Promosi Kesehatan